Tips agar terhindar dari nyeri pinggang

Nyeri pinggang memang menjengkelkan. Nyerinya terasa menusuk-nusuk, seolah-olah tulang bergeser dari tempatnya. Rasa sakit ini biasanya menghebat ketika Anda membungkuk. Banyak faktor yang menyebabkan nyeri punggung, diantaranya adalah sepatu hak tinggi, mengangkat beban berat dengan posisi keliru dsb. Berikut ini Tips sederhana agar anda dapat terhindar dari nyeri pinggang:

1. Berjalan kaki selama setengah jam 4 kali setiap minggu dapat memperkuat tulang belakang.

2. Rutin mengkonsumsi ikan dan sayuran hijau tua yang kaya akan kalsium, fosfor dan vitamin C. Kalsium maupun fosfor merupaka gisi utama bagi perawatan tulang. Sedangkan vitamin C membantu mengoptimalkan penyerapan kalsium/fosfor tadi oleh tubuh.

3. Hindari kopi atau doft drink bersoda. Kedua jenis minuman ini dapat mengurangi kemampuan tubuh dalam meyerap kalsium. Namun, jika rasa nyut-nyut di pinggang tak kunjung reda hingga berminggu-minggu, sebaiknya segera hubungi dokter untuk mengantisipasi kemungkinan terburuk.

4. Ubahlah posisi Anda secara berkala apabila Anda harus duduk, berdiri atau membungkuk dalam jangka waktu yang lama. Bangun, bergerak, bungkukkan badan ke depan dan ke belakang.

5. Hindari penggunaan sepatu dengan hak tinggi lebih dari 3 cm. Lumbal (pinggang bagian tulang belakang, antara punggung dan pantat) memang melengkung. Tapi karena memakai sepatu hak tinggi, posisi tubuh jadi condong ke depan. Untuk menjaga agar tubuh tidak jatuh ke depan, otomatis pantat akan mundur dan lama-lama menambah sekungan di bagian tulang belakang. Akibatnya pinggang terasa sakit.

Leave a Reply

Ad Blocker Detected

Our website is made possible by displaying online advertisements to our visitors. Please consider supporting us by disabling your ad blocker.

Refresh